24.11.09

Majalah Gatra Tentang Entrepreneur Organik


ENTREPRENEUR ORGANIK
Penulis: Faiz Manshur
Penerbit Nuansa Cendekia, Bandung 2009. 392 hlm.
REHAL (Majalah Gatra Hlm 59/16 Desember 2009)
Inilah sebuah cerita sukses seorang-dari banyak- kiai membangun pesantren, bisnis, sekaligus mengubah wajah masyarakat pedesaan di sekitarnya. Kiai bernama Fuad Affandi ini amat dikenal sebagai pemimpin Pesantren Al-Ittifaq. Dia sekaligus menjadi tokoh penting di balik kemajuan bidang agrobisnis di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Bandung.
Bukan apa-apa. Dengan kegiatannya yang tidak semata mengajar ngaji, Kiai Fuad berhasil mendidik warganya untuk mandiri. ia berjuang melawan kemiskinan yang merundung masyarakat pedesaan sekitar pesantren dengan semangat kewirausahaan yang dimilikinya. Dia boleh dibilang sosok kiai yang benar-benar "membumi".  Ia berhasil mengubah ratusan hektare lahan tidur menjadi lahan produktif yang menyejahterakan ribuan keluarga petani di sekitarnya.Bukan itu saja. Lewat agrobisnis puluhan jenis sayuran yang dikembangkannya sejak 1970-an, ia membuktikan betapa koperasi menjadi penyangga utama kesejahteraan kaum tani. ia malah melahirkan wirausahawan-wirausahawan muda lewat pola kerja sama yang setara dan adil. Seperti disinggung Sri-Edi Swasono, Kiai Fuad adalah seorang local genius yang mampu menerobos pakem-pakem usang seorang kiai. Di tangannya, pesantren jadi tempat pendidikan sekaligus pusat perubahan masyarakat. Dia seorang kiai tradisional yang berpikir kritis dan memiliki cara pandang kreatif. Lebih dari itu, sikapnya yang moderat pun sangat membantu cita-cita meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk memasarkan produk-produk pertanian dari desanya, sang kiai berhasil mengandeng jaringan swalayan ternama: Hero Supermarket.
Buku ini boleh dibilang merupakan satu dari sekian banyak bukti bahwa pembangunan suatu peradaban bisa dilakukan dengan paradigma amal saleh. Banyak pelajaran bisa dipetik, diteladani, dan dikembangkan dari berbagai kiprah sang kiai yang tertuang dalam buku ini. (Erwin Y. Salim).

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai 'Enterpreneur', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/7056/3/PROMOTING

%20NATION%20COMPETITIVENESS%20THROUGH%20THE%20DEVELOPMENT%20OF%20ENTERPRENEURSHIP%20IN%20UKM.pdf

trimakasih
semoga bermanfaat

Posting Komentar

Entrepreneur Organik

Foto saya
Buku Entrepreneur Organik adalah sebuah kisah nyata perjalanan hidup seorang Ulama dari kaki Gunung Patuha dalam memperjuangkan kesejahteraan kaum tani meraih melalui agribisnis. Ia seorang entrepreneur, tetapi bukan entrepreneur murni yang mengejar kekayaan pribadi, juga bukan seorang entrepreneur sosial yang semata mendermakan sebagian kekayaannya untuk orang lain. Ia adalah Entrepreneur Organik; seorang pelaku usaha yang mampu memimpin rakyat melalui perjuangan bersama dalam tiga hal sekaligus, yakni pemberdayaan, pendidikan dan ekonomi. Lebih 30 tahun berjuang, kini Fuad menjadi salahsatu manusia unik di Indonesia. Siapapun patut belajar darinya.